Sistem Usulan dan Sistem Berjalan – Update Revision Version

Bismillah…

Alhamdulillah, secara konsisten gw ketemu dosen II buat diskusi, lebih tepatnya memperbaiki hasil ‘analisis’ gw terhadap system information yang hendak gw kembangkan melalui riset penelitian dan case studies, sebetulnya minggu kemaren harus gw post tp gw belum emud buat nulis, but sekarang baru bisa gw post, okelah, ini dia beberapa hasil diskusi gw dan koreksian dari dosen II gw,

sistem usulan v2

Yuk kita bahas bareng – bareng, sekedar sharing dengan bahasa gw sendiri haa, soalnya gw tahu blog ini gak bakal ada yang baca sebelum laporan skripsi gw kelar!!  Okelah, sebelum gw bahas 1-1, neh perbandingan sistem usulan dan sistem berjalan yang pernah gw post di postingan 2 minggu yang lalu. Cek yah di category blog skripsi, gambar diatas itu hasil sistem usulan yang sudah di ‘revisi’ oleh dosen pembimbing, but bukan jadi masalah, malah jadi pelajaran gw kalo kita harus teliti.

Tapi kalo ada yang mau liat sistem berjalan dan sistem ususlan sebelumnya, ini gw kasih gambarnya,

sistem jalan
Sistem Berjalan

sistem usulan
Sistem Usulan Versi 1

Hayo, gimana? Pasti bingung liat gambar mana dulu? Sekarang, coba baca posting gw yang sebelumnya yah, <<TARO POSTINGAN LINK>>, sekarang liat gambar yang “Analisis Sistem Usulan”. Udah? Analisa kita yaitu jatuh pada pengguna/ user/ actor/ diluar sistem, apalah namanya, disana gw coba pada awal yaitu 3 actor!!

  1. Pelanggan
  2. Perawat
  3. Administrator

Dan ada yang salah, dan gw fikir memang sedikit aneh, dalam logika gw, administrator itu termasuk à Direktur dan Manajer Elderly!! Dan berdasarkan diskusi dosen II, itu gak bisa, padahal udah gw bilang hanya beda ROLE! Tapi karena ini analisis, dan harus tahu secara detail-se-detailnya, jadilah 5 actor yang awalnya 3, but, ini gak jadi masalah, hanya masalah ROLE aja, dan gak merubah sistem secara keseluruhan akhirnya gw tambahkan menjadi:

  1. Pelanggan
  2. Perawat
  3. Direktur
  4. Manajer
  5. Administrator

Kalo dalam bahasa OOp(Object Oriented Programming), bahasa sok tau gw ini, itu termasuk class-class dari users dengan fungsi/ method masing-masing yang bakal masuk dalam analisis gw selanjutnya yang digambarkan dengan tool RAD/ SDLC/ XP/ Agile yang ditambahkan dengan UML.

Sudah jelas kan, hoooo… tp masih pada bingung? Gw yang lebih bingung, kodingnya nanti, pake programming apa kelak nanti gw, apa sewa programmer apa sewa temen sendiri buat ngodingin hasil analisis gw ini atau malah gw sendiri yang ngoding (ngobrol sama dingding), hanya Allah SWT yang tahu hal ini gw hanya berusaha yang ada di depan mata gw sendiri.

Okelah, sekian postingan kali ini semoga ada yang baca dan sempat membaca dan ada yang hendak berkomentar, dipersilahkan, karena komentar bakalan ketutup dalam waktu 1 bulan.

Terima kasih.

Have a NicE Day!!

Mr. D
Admin of Topidesta.wordpress.com

Tagged , , ,
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

