Pengertian Kepuasan Pelanggan

Bismillah…

Kali ini gw mau sedikit membahas terkait riset yang gw lakukan, tentang tingkat kepuasan pelanggan pada PT. XXX, berikut ini penjelasan dari beberapa ahli, aselinya mah 1 haa, dan bisa didapat atau dicari bukunya, bahkan jurnalnya tersedia untuk di unduh.

Diantara definisi yang dikemukakan, bahwa kepuasaan atau ketidakpuasaan pelanggan adalah respons pelanggan terhadap evaluasi ketidaksesuaian yang dirasakan antara harapan sebelumnya dan kinerja aktual yang dirasakan setelah pemakaiannya (Tangkilisan, 2007).

kepuasa

kepuasa

Gambar 1 Konsep Kepuasan Menurut Tangkilisan 2007

Bahkan ada sebutan seperti ini,

Pelanggan Puas, Kami Lemas

Setidaknya ada benarnya juga, tapi tidak akan pernah selesai ‘tingkat’ kepuasan seseorang atas pelayanan yang diberikan, okelah sip, ini itu blog, bukan ‘tulisan’ jadi bahasa di blog ini gak bakal sebaku dan seindonesia yang ada pada tulisan seutuhnya. Kiranya itu saja yang mau gw share, gw lagi coba ini merangkum apa itu fuzzy secara umum dan fuzzy service quality dengan fuzzy tahani, gw masih bingung untuk menjelaskannya, agar pada faham maksud gw. okelah segitu aja.

 

 

Have Nice Day!

Mr. D
Admin of  Topidesta.wordpress.com

Tagged ,
