Ya, menggunakan ‘Agile Patern’ dengan Metode Extreme Programming

Bismillah…

Sebetulnya, banyak pola/ patern dari kata ‘agile‘ itu sendiri, dari buku Kent Beck atau Stewart Baird misalkan (jangan bilang Judulnya, cari aja sendiri), dan beberapa jurnal baik Internasional ataupun lokal, berpendapat bahwa kebanyakan orang mungkin gw juga, lebih mengatakan bahwa metode pengembangan sistem/ aplikasi itu sebetulnya gak sepenuh XP (eXtreme Programming) , jujur neh gw, gw sendiri milih ini sebagai costum XP dan itu termasuk agile.. haa, sesuai buku yang ini neh + gw jadikan rujukan penulisan metodenya, silahkan di cari sendiri.😀

XP Explained oleh Kent Beck

Sams Teach Yourself Extreme Programming in 24 Hours oleh Stewart Baird

jadi, alurnya seperti  gambar dibawah ini:

XP-LIFECYCLE

Kurang lebih kayak getu, Jadi gw jelasin yah, FYI: gw hanya sampe tahap produksi aja dalam penelitian gw ini, oya kalo salah ya, tolong dibenerin, tahap – tahapnya dalam penjelasan nanti.

  1. Exploration (Eksplorasi)
  2. Planning (Perencanaan)
  3. Iterations (Pengulangan)
  4. Productions (Produksi)
  5. Maintenance (Perawatan)

Berdasarkan buku kent beck gw coba jelaskan secara tidak detail, dengan pemahaman gw sendiri, okeh okeh.

1. Exploration (Explorasi)
” Fase dimana, semuanya duduk bareng, mulai mencatat apa yang dibutuhkan secara tidak hanya material dan kebutuhannya, kebutuhan bisa kita catat dalam ‘story cards’ dimana kita bisa membayangkan bagaimana sistem nanti bekerja tanpa sistem itu ada, penentuan dan penggunaan teknologi, estimasi waktu pengerjaan program, pelaporan setiap kebutuhan, dan ketika hal itu berjalan, pengguna dapat merubah user story jika dirasa kurang memuaskan dan juga analisa sistem berjalan”.

2. Planning (Perencanaan)
” Fase dimana,  antara konsumen dengan pelanggan menyetujui apa yang direncanakan sebelumnya, mulai dari ‘story’ yang telah selesai, dan menyelesaikan masalah proses bisnis seperti prioritas, jenis pekerjaan dan waktu peluncuran aplikasi/ sistem”.

3. Iterations (Pengulangan)
“Fase dimana, kita bisa merubah rencana yang dibutuhkan, menambahkan story atau cakupannya, mungkin juga teknologi yang digunakan, sepanjang iterasi itu selesai dan menyenangkan maka lakukanlah, atau idealnya, ketika setiap iterasi terjadi dan adanya perubahan dan ketika di coba dan jalan tanpa masalah, maka itu sudah selesai, biasanya sekitar 3 minggu iterasi terjadi”.

4. Productions (Produksi)
“Fase dimana, kita melihat feedback dari peluncuran aplikasi/ sistem yang dikembangkan, bisa 1 minggu setelah iterasi terjadi, intinya itu, ketika proses semua berakhir dan di uji coba, baik dari sisi client atau programmer pastikan uji coba dari semua sisi, dan intinya “Make it run, make it right, make it fast”.

5. Maintenance (Perawatan)
“Fase dimana, perawatan dari suatu aplikasi/ sistem dari proyek XP. mulai dari simulasi pengguna, sistem yang berjalan, team dan lain lain, dan ketika itu para pengguna dapat belajar, dan pemimpin proyek dapat memantau”.

 

Udah ah ya, pengennya mah copy-paste dari bahan bab 3 gw, tp gw takut ada ‘Plagiatisme’, jadi gw tulis dengan bahasa gw yang mudah” an dapat di fahami.

 

Have Nice Day!

Tagged , , ,
