Fase Explorasi Dalam Methode Extreme Programming

Bismillah…

Alhamdulillah, minggu depan masuk fase selanjutnya… ups! Gw mohon bantuan do’a nya ya, Dosen Pembimbing II gw lagi sakit, semoga doi diberi kesehatan selalu dan diberi murah senyum biar mahasiswa bimbingannya ikut senang!, Alfatihah… Aamiin. Oya kalo yang belum tau sedikit gw bahas yah, apa itu fase explorasi dari siklus hidup (lifecycle) extreme programming (xp), sebelumnya coba cari dulu di wikipedia, ataupun mbah google, ini dia beberapa pengeritan dari fase explorasi:

Fase dimana dilakukan identifikasi kebutuhan dan harapan stakeholder terhadap solusi yang akan dikembangkan (http://support.microsoft.com/kb/2661914/id-id).

Exploration ialah dimana mencari tahu visi dan misi sistem yang akan dikembangkan, dalam fase ini konsumen akan disuruh menuliskan ‘vision statement‘, sekitar 20-30 kalimat yang masuk dalam sub menu ‘system methapor‘, dalam fase ini juga ada sebuah list tentang ‘requitment’, ‘options’ dan ‘completing list’ yang biasa di sebut dengan ‘user stories‘. (Stewart Baird).

Lalu, apa saja ‘best practise’ yang di pakai di XP dalam fase ini?, okeh ini ada beberapa yang bisa gw jelaskan, berdasarkan buku karangan Kent Beck dan Stewart Baird, dalam fase ini ada beberapa point diantaranya:

  1. Vision Statement -> Ialah sebuah statement yang berpengaruh besar terhadap keberhasilan sebuah sistem, contoh: website e-commerce dengan keberhasilan nya ialah menjual buku itu lewat internet.
  2. System Metaphor -> Ialah bagaimana sebuah tim mengkonsepkan sistem dan biasanya ditulis dalam bahasa lingkungan bisnis, dan bukan lingkungan teknis, contoh: website e-commerce ini dapat menjual buku secara virtual dimana konsumen datang dan browse, mencari atau membeli buku.
  3. User Story -> Ialah sebuah alat yang dapat mencatat kebutuhan user, biasanya lebih mirip seperti catatan per kasus dan di tulis oleh konsumen dengan bahasa ‘non-teknikal’, biasanya 3-4 baris sedikit.

Et dah, dari tadi kita ngomongin ‘vision statement’, ‘system methapor’, dan ‘user story’, terus kayak gimana gambarannya?? tenang, ini gw kasih contoh yang gw pake, dan tidak gw pake, setidaknya gw tahu! oke cek this out:

2661915
sumber: http://support.microsoft.com/kb/2661914/id-id

story_card

Ya mirip mirip kayak getuh lah… but, dalam reffrensi buku yang gw baca, gak ada keharusan atau standar baku vision statement seperti apa, user story seperti apa, system methapor seperti apa ‘output’/ bentuk penyampaian nnya umumnya sih berupa penjelasan dan lagi lagi, rata-rata berpatokan dengan agile lain ini, seperti ‘scrum’ setidaknya mereka masih 1 keluarga. gak percaya cek aja di temanmacet.com ada podcast yang membahas hal itu, scrum dan xp.

Dah segitu aja yah, semoga bermanfaat.

Have Nice Day!

Tagged , , ,
