Sistem Berjalan dan Usulan dalam eXtreme Programming (agile methode)

Bismillah…

Okeh, kali ini gw mau nulis, kalo sistem informasi atau suatu aplikasi yang dikembangkan pasti memiliki sistem berjalan, baik sistem yang telah menggunakan komputer atau masih menggunakan tulisan (manual) baik menggunakan RAD, Waterfall dan Agile (XP) methodologi karena sistem berjalan merupakan gambaran awal dari munculnya permasalahan yang akan kita kembangkan nanti menjadi sistem usulan dan biasanya dari yang kompleks – menjadi simpel (dari sistem usulan). haa… itu kan teori seperti itu! tapi kalo kita gak teliti menjelaskan sistem berjalan, dan menampilkan sistem usulan langsung siap siap deh… kita akan dibilang kok sistem usulan lebih ribet yah? haa, ini pengalaman gw pas lagi bimbingan, jujur aja gw fikir ini udah kompleks, tapi ada beberapa emang yang belum di masukin, karena gw fikir ini udah termasuk dalam sistem berjalan dan, kesimpulannya pas kenapa sistem usulan harus kompleks, kita memandangnya dan menggambarkannya, karena sistem usulan itu KATALOG JUALAN buat pengembang sistem, begitu dosen 2 gw berkata, dan berikut ini contoh dari sistem usulan sistem yang gw kembangkan.

sistem jalan

Asalnya, itu gambar/ node word itu gak ada, karena gw fikir proses itu pasti udah terjadi, dan itu ternyata harus di masukan, sekali lagi ini bisa menjadi senjata/ KATALOG JUALAN kita, jika ingin mengembangkan sistem usulan! karena beberapa client, dan termasuk di perusahaan yang sedang gw teliti, emang melihat itu dari GAMBAR bukan penjelasan yang udah gw tulis panjang-panjangggg!!!

Dan ini dia sistem usulan yang gw buat, dan telah disetujui oleh dosen 2 dan siap masuk tahap selanjutnya, dan sistem usulan ini jika dalam siklus eXtreme Programming (XP) itu ada dalam fase exploration dan masuk dalam sub-bab setelah user story base dan vision statement dan system methapor untuk mentukan gambaran dari hasil sistem usulan, berikut ini sistem usulan berdasarkan story base yang dijelaskan oleh pihak client/ dalam hal ini perusahan PT. XXX.

sistem usulan

Bagaimana?? heee, gw fikir itu lebih simpel, karena nanti proses fuzzy nya itu ada dalam proses data server, sedangkan sisi client lebih memberikan hasilnya, dan pokoknya mah udah ada gambarannya gw, tapi gw belum punya gambaran nanti buat codingnya seperti apa, coding user, fuzzy, perhitungan dan lain lain… dimana ada niat disana ada jalan!! ya, gw hanya menikmati prosess ituh……..

Aku bagaikan biola tak berdawai..

Bila engkau tak lengkapi…

Seperti itu, posting kali ini berdasarkan lagu band di Indonesia. Sebagai info, gw pernah membahas fase exploration di posting sebelumnya, silahkan di cek dan dipelajari mudah-mudahan bermanfaat. Aamiin.

 

Have a NiCe Day!

Tagged , , , ,
