Memasuki Diagram UML Session 1

Bismillah…

Alhamdulillah, meskipun lama (dalam ingatan gw) report gw ini, entah dari pihak mana, gw sendiri bingung, tak apalah, yang penting gw konsisten ngerjain laporannya. Oke sudah-sudah ceritanya, ini kali gw bakal sharing sedikit tentang apa yang berhasil, sesuai judulnya, “memasuki diagram uml sessi 1” sedikit.. sarcasem, kalo bahasa sekarang lebayyy…, ih bodo, masalah buat gw? Kagak kan! Haa 1000x.

Kali ini gw mau posting masih UML, entar dulu,,, posting terdahulu seinget gw, tapi kalo belum ada berarti gw belum posting.. haa, ya, gw pernah posting tentang apa itu UML dan mahluk seperti apakah itu?? Apakah menyerampkan?? Menggitkah?? Atau malah menggiurkan, seseksi ‘nami – one piece’ haa, sudah-sudah kembali lagi, sedikit review, ya, dikit aja UML itu sebuah tools… inget, tools atau bahasa kerennya itu alat perang seorang analisator untuk para programetor! (red, edisi –tor) dalam pengembangan sistemnya kelak, ya getu aja cukup kan.

Okeh, dari tadi ngomong ngalor ngidul, karena temen-temen udah pada paham apa itu UML, jadi langsung masuk ke ‘problematic’ laporan gw yah, sessi 1. Ini mah pengalaman gw aja pas lagi bimbingan sama dosen II gw, kayak per-sessi dah, haa, neh dia sessi yang gw masksud itu, dalam menyerahkan laporan diagram UML gw gak bisa langsung ngasih ‘bbbreekk’, tapi harus pelan-pelan asal kelakon. Makanya gw buat judul yang rada sarcaseeemmmm.

Biasanya, urutan suatu diagram UML tidak baku harus seperti apa, tergantung kebiasan anda, bukan-bukan, tergantung kebiasan buku yang anda baca, eh, bukan-bukan, tergantung dari dosen pembimbing anda! Baru itu menjadi kebiasan, dan itu terjadi oleh gw but nice-nice ajalah, urutannya seperti ini.

Diagram USE CASE  NARASI USE CASE  ACTIVITY, ini bakal masuk sessi 1, dan diagram CLASS DIAGRAM  SEQUENCE DIAGRAM  COLLABORATION  STATECHART DIAGRAM, ini bakal masuk sessi 2, dan diagram DEPLOYMENT ini bakal masuk sessi 3.

Dan kali ini gw mau kasih contoh hasil sessi 1 meskipun ada perbaikan, ya pasti ada sajahalah, berikut ini yaitu use case LOGIN. Haa, umum kan… inget, urutan tadi DIAGRAM USE CASE  NARASI!.

Ini dia narasi:

Use case Name Login
Use case Id 1
Actor Administrator, Pelanggan, Konsumen, Direktur dan Manajer Elderly.
Description Use case ini menggambarkan kegiatan input usermail dan password untuk masuk ke sistem.
Pre condition
Trigger Usermail dan Password
Typical course of events Actor Action System response
1. Input usermail dan password
  1. Memilih Login sistem
3. Cek usermail dan  password
4. membuat session user
    5. Menampilkan halaman utama
Alternate courses  3. Jika usermail dan password salah muncul pesan kesalahan, maka pengguna kembali ke langkah no 1
Conclusion Usermail dan Pasword sesuai dalam database
Post condition Pengguna masuk dalam menu utama sistem.

Sebetulnya, ada lagi narasi yang berbeda, padahal USE CASE yang sama dan DOSEN yang SAMA pula, berikut ini gambarnya:

Use Case Name Login
Use Case Id 1
Actor Administrator, Pelanggan, Konsumen, Direktur dan Manajer Elderly
Description Use case ini menggambarkan kegiatan input data login untuk masuk ke sistem informasi sumber daya manusia berbasis web.
Pre condition
Trigger Username dan Password
Typical course of events ActorAction System response
  1. Menampilkan formlogin
  2. input usermail dan password
 
  1. Memilih Login
    1. Cek username dan  password
   
  1. Menampilkan halaman utama user
Alternate courses
  1. Jika usermail dan password salah maka akan tampil pesan kesalahan dan user diharuskan memasukkan kembali username dan password.
  2. Userdapat memilih menu logout untuk dapat keluar dari sistem
Conclusion Usermail dan Pasword sesuai dalam database
Post condition Pengguna masuk dalam menu utama sistem

Noh, bedakan… but 2.2 nya bener! Tergantung mood, dosen pembimbing gw, ya, cuman beda mana dulu, ACTOR ACTION atau SYSTEM RESPONSE dulu, tapi ini jdi pelajaran, okelah kalo gw inget insyaAllah, gw pengen jelasin NARASI dari USE CASE tertentu. Okelah , semoga tidak bosen bacanya dan bermanfaat.

Have a Nice Day!

Tagged ,
