4 Tahap Fuzzy Database Tahani

Bismillah…

Ditengah kegundahan gw Kali ini gw mau posting yang terkait dengan laporan gw dan juga rencanya buat powerpoint seminar nanti, karena ini salah satu intinya, okelah langsung sajah, ini gw ambil dari buku Sri Kusumadewi dan jurnal dari Wei Dongmei (yang terpaksa gak gw cantumin karena gak ada nomor jurnalnya) ada 4 tahap yang biasa dilakukan oleh para peneliti untuk melakukan proses fuzzy database tahani, diantaranya:

  1. Menggambarkan FUngsi Keanggotaan
  2. Proses Fuzzyfikasi
  3. Proses Fuzzyfikasi Query
  4. Dasar Zadeh untuk Operasi Himpunan Fuzzy

 

1. Menggambarkan Proses Keanggotaan

Membership function atau kurva yang menunjukan nilai antar 0 dan 1, dengan cara melakukan fungsi keanggotaan, dalam buku yang gw baca ada beberapa kombinasi, di laporan gw sendiri kombinasi fungsi keanggotaan segitiga dan trapesium, atau fungsi keanggotaan linear, sehingga ketika kita memilih nilai kenaggotaan puas, maka bisa jadi 1 > puas, 1 < kecewa atau 1 = biasa. dengan nilai max kecewa 0..40, nilai max biasa 40..65, dan nilai max 65..80 , yang gw dapat dari perusahaan gw riset (bisa berbeda tergantung tempatnya, ada atau tidak).

 

2. Proses Fuzzyfikasi

Fase pertama dari perhitungan fuzzy secara umum, yaitu perubahan nilai tegas (40,65,80) ke nilai samar (fuzzy), dengan cara menginput nilai tegas lalu dihitung (bisa manual/ melalui programming teknik) dikasus gw ini, dilakukan secara programming teknik, jadi inputan berasar dari konsumen melalui pertanyaan (salah satu methode kualitas pelayanan) yang hanya dilakukan oleh manajer/ administrator, untuk perhitungan nya silahkan dilihat, udah gw scan, males gw ngetik lagi, gw pake fungsi keanggotan segitiga dan trapesium.

FUZZY-TAHANI 001

3. Proses Fuzzyfikasi Query

Ini dia keuntungan menggunakan fuzzyfikasi query database, karena kita masih memanfaatkan kueri standar RDBMS (Relational Database Management System) (menurut kusumadewi loh, liat aja bukunya). kueri standar nya ” SELECT * FROM [table-name] WHERE “, dari bbrpa penelitian yang gw baca, disini memanfaatkan fungsi WHERE lebih dari 1 kondisi.

 

4.  Dasar Zadeh Untuk Operasi Himpunana Fuzzy

Dengan clausea AND atau OR yang biasa disebut dengan aturan Zadeh, dimana nilai AND itu min dan nilai OR itu max dari hasil proses perhitungan yang mendekati nilai 1 (dalam pemahaman gw, kalo gw baca bbrp penelitian sblumnya).

 

Simple kan!! dan, itulah asal kenapa gw tertarik meskipun diluar kampus gw sendiri UIN Jakarta, baru ada 1 penelitian sejenis dengan memanfaatkan teori fuzzy database yang gw rasa terlalu umum (sudah pernah diteliti, dengan kasus berbeda) yang gw coba terapkan terhadap fuzzy service quality (kualitas pelayanan) dan lagi lagi, penelitian sejenis ada di jurnal international, jadi gw coba di perusahaan tempat riset gw sendiri.

Okelah begitu saja, sukses buat temen temen yang lagi riset tentang ini juga.

Have A nice Day!!

authors of topidesta dot com

Tagged , , ,
